10 Penyebab Gigi Kuning

Hai, apa kalian ada yang merasa tidak pd karena gigimu kuning? Hmmmmm, tunggu sebentar, mungkin kalian mempunyai kebiasaan yang bisa menimbulkan gigi kuning, dan ketika kalian meninggalkan tersebut mungkin secara berangsur-angsur gigi kalian akan kembali putih bersih kembali. Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dapat menimbulkan gigi kuning? Nah, pada kesempatan kali ini aku ingin coba berbagi nih masalah tersebut. Ya, seperti biasa aku dapatkan setelah mondar-mandir di internet, walau tadinya tidak berniat mencari artikel semacam ini tapi aku mendapatkan artikel ini, dan setelah aku baca ternyata aku tertarik jadi ya sudah tak tulis ulang aja disini.

Ok, kita mulai pembicaraan kita hari ini tentang penyebab-penyebab gigi kuning. Cieh? “pembicaraan” kayak apa aja ya. Hmmm, kali ini aku mau bagi 10 penyebab gigi kuning ni, mungkin dilain kesempatan kita melengkapnya, dan kesepuluh penyebab gigi kuning itu diantaranya adalah:
1. Teh Herbal
Nah, ada yang seneng mengonsumsi teh herbal? Hmmmmm, lagi diet ya? Hehehehe, ternyata teh herbal ini bisa menyebabkan gigi kita menjadi kuning. Hmmmmm, menjaga kelangsingan tubuh serta kesehatan dengan teh herbal menjadi kebiasaan yang umum akhir-akhir ini. Tubuh terasa lebih bugar, dan lebih langsing. Namun, kalau ternyata teh herbal ini membawa efek samping yang buruk bagi gigi gimana? Menurut sumber yang aku baca, mereka yang rutin mengonsumsi teh herbal cenderung memiliki gigi kuning. Lalu gimana dong???? Kan biar nggak indut. Ok, menanggapi hal ini, para peneliti Jepang, seperti dilansir Dailymail, menyarankan agar para konsumen teh herbal lebih memilih teh hijau. Kandungan katekin di dalam teh hijau dipercaya dapat menekan bakteri pemroduksi asam di gigi, sehingga gigi kuning lebih mudah dicegah.

2. Obat Mata
E’eh, ngawur nggak sih ni tulisan? Apa coba hubungannya obat tetes mata ma gigi? Hehehehe. Hmmmm, jadi gini lo kawan, hehehe, kayak sok pinter ya aku pake jelasin segala ni, ternyata kandungan kimia yang terdapat dalam obat tetes mata menekan produksi saliva. Nah, saliva ini akan menetralisir asam di dalam mulut. Karena jumlah saliva ini berkurang, secara otomatis asam di dalam mulut akan meningkat, nah, kalau sudah begitu para bakteri akan berpesta ria dan berkembangbiak denga pesat, hehehe, diakan seneng tempat yang banyak mengandung asam, hasilnya? Yaitu tadi gigi menjadi kuning, mungkin sibakteri karena berpesta banyak makan, jadi banyak buang kotoran digigi, ahirnya kuning deh gigi kita. ;)

3. Berenang
Nah, kalau ini hubungannya apa coba. Hmmmm, hasil studi yang dilakukan terhadap 500 orang perenang menyebutkan bahwa 66% dari perenang mengalami kerusakan pada gigi serta gigi kuning. Hal ini disebabkan karena kandungan klorin yang tinggi di dalam air kolam. Klorin tersebut mempengaruhi pH air yang menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu, jangan lupa menyikat gigi setelah berenang. Jangan lupa yaaaaa????

4. Pemutih gigi
Duh duh duh gimana sih ini? Kayaknya pada nggak nyambung sih? Masa pemutih gigi malah jadi penguning gigi? Hmmmm, tapi menurut sumber yang aku baca tadi memang gitu kok, pemutih gigi yang banyak beredar dipasaran ternyata bisa menggerus dan mengikis gigi. Nah, kalau gigi sudah terkikis maka menjadi lemah dan rapuh. jadi kuning deh, karena gigi sudah nggak sehat lagi. Hmmmmm, kalau orang sakit kan mukannya pucatkan? Hehehehe, jadi kalau gigi sudah nggak sehat jadi kuning deh. Heheheh, bener nggak ya perumpamaan aku ini. ;)
5. White Wine
Ha? Bukannya kalau yang warna merah itu malah yang bisa bikin gigi kita merah? Ups, kuning? Kan warna merahnya bisa nempel di gigi ya. ;) Eh, ternyata anggur putihlah yang justru memberikan efek lebih buruk bagi gigi dari pada anggur merah. Ternyata Anggur putih lebih cepat mengikis gigi, demikian ungkap Dr Paul Ashley, direktur institusi kesehatan gigi, di University College Hospitals. Ya sudahlah, kalau memang gitu. Selanjutnya apa ya?

6. Menyikat gigi setelah makan yang manis
Saking takutnya ada bakteri yang tinggal di gigi, maka kadang kita akan terburu-buru untuk menyikat gigi setelah makan yang manis-manis. Benarkah hal ini? Ternyata justru hal ini salah. Setelah proses pengunyahan, maka mulut cenderung bersifat asam. Saat ini akhirnya gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Jika kita terburu-buru menyikat gigi, maka enamel ini akan terbuang sia-sia dan bakteri justru bebas berkembang. Lalu nggak usah sikat gigi aja pa? Ihhh! Ngawur tenan je ni yang ngomong kayak gitu. Menurut sumber yang tadi, disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan yang manis-manis.

7. Diabetes
Hmmmm, ternyata penyakit ini mempengaruhi kesehatan gigi juga ya. Sumber mengatakan kalau penyakit ini mempengaruh ataupun dapat mengakibatkan kerapuhan pada gigi. Seperti disebutkan diatas tadi, kalau gigi sudah rapuh dan nggak sehat maka akan menjadi kuning.

8. Rokok
Kayaknya ini nggak ditulis diperingatan pada bungkus rokok deh. “merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, jantung dll serta dapat membuat gigi kuning” gitu po. Kok bisa ya? Apa lupa ya pabriknya. ;) heheheheh, dah deh nggak usah ngawur, ternyata kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan ruang mulut menjadi asam, nikotin-nikotin terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Tak heran jika mereka yang merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih. Wawwww....

9. Minuman berenergi
Karena dibuat untuk menggantikan energi dan garam yang hilang saat berolahraga, maka minuman berenergi dilengkapi dengan gula dan asam.
Langsung aja deh. Berdasarkan studi yang dilakukan University of Birmingham, ditemukan bahwa minuman berenergi bersifat korosif ketimbang air mineral. Zat kimia yang terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi. Hadeeeehhhhh, cape aku. E’eh, masih ada 1 lagi nih.

10. Membuka kemasan dengan gigi
Yap, kebiasaan yang biasa aku lakukan juga kalau ini mah. Heheheh, Saking kuatnya gigi dan tak ada gunting di sekitarkita, maka kadang kita memutuskan membuka kemasan dengan gigi kita. Hmmmm, ternyata dengan kebiasaan kita ini bisa menimbulkan rapuh dan lemahnya gigi kita, dan lagi-lagi gigi kita akan menjadi ngggak sehat dan menguning deh.

Ok, itu teman-teman 10 penyebab kebiasaan-kebiasaan kita yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Maaf banget kalau banyak bercanda dan kurang memuaskan atas info yang aku posting ini. Maaf yaaaaa??? Dan ahirnya, monggo dilengkapi tulisan ini di kotak komentar.


sumber : unikaja.com

Posting Komentar

Komentarnya dong?