Phising Facebook

Hai kawan, seneng nih bisa nulis lagi, setelah beberapa waktu terahir ini aku nggak sempet buka blog aku yang masih saja nggak karuan ini. ;) Pada kesempatan kali ini aku mau coba ikutan orang-orang nulis tentang salah satu bentuk cara hack facebook ah, ya, ini Cuma salah satunya sih. Lalu apa itu? Ok, kita mulai belajar bersama kita dengan judul Facebook Phising sebagaimana judul yang tercantum dipostingan aku kali ini. Ok, kita mulai deh.

Yap, taukan apa artinya phising? Phising merupakan istilah yang diambil dari kata Fishing yang artinya Memancing. Phising didunia internet berarti memancing korban untuk mengunjungi halaman tertentu. Dan phising di Facebook berarti Hacker menggunakan segala cara untuk memancing anda agar mengunjungi halaman Facebook palsu (Fake Login Facebook). Lalu kalau memancing kemarahan apa ya? Hehhehehe, terserahlah.

Taukah kawan? Cara semacam ini merupakan cara yang paling sering digunakan dalam Facebook Hacking. Lalu bagaimana cara hacker nakal ini memajangkan kesombongannya ini? Kurang lebih dengan beberapa cara sebagai berikut:

a. Mengirim Email palsu
Nah lo, tak hanya cinta yang palsu, ini juga ada email yang palsu. Maksudnya? Maksudnya si om Hacker menjebak anda dengan mengirim sebuah email kepada anda yang seolah-olah merupakan email dari Facebook dan anda diminta untuk mengunjungi sebuah link/url/alamat situs, dan bagi anda yang tertarik dan masuk mengklick link tersebut, maka berarti anda sudah masuk perangkap om hacker. Om, om! Ada-ada aja sih kamu?

b. Melalui IM(internet messenger)
Cara ini dilakukan biasanya dengan cara Hacker masuk kesebuah room di YM(Yahoo Messenger) dan kemudian si om hacker mempost sebuah link menuju situs Facebook Palsu, dan siapa yang tertarik dan masuk kedalamnya, maka habislah fb dia. Wow, hati-hati ni yang suka YM-an.

c. Melalui sebuah situs
Nah, untuk cara yang satu ini dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah para hecker yang jail membuat blog, kemudian dia membuat postingan tentang facebook sekaligus membuat link untuk masuk ke situs facebook palsu. Selain itu juga, para hecker yang akan menjebak mangsanya biasanya dia ikut aktif berkomentar disetiap postingan blog dll, dan memuat link menuju facebook palsu didalam comentarnya tersebut.

Bagaimana teman? Cukup jelas ya?Pokoknya inti dari phising facebook ini adalah menjebak dengan jalan menggiring atau mengarahkan para calon korban untuk menuju halaman login palsu facebook. Nah berikut ada beberapa tingkatan halaman formulir login palsu facebook dilihat dari kualitas cara kerja Fake Login Facebook itu sendiri. “apa sih pake kualitas segala ni.”.
a. Kelas Bawah (Tingkatan sederhana).
Cara kerjanya bagaimana? Apabila temen-temen memasukkan username dan password akun Facebook dalam formulir login facebook palsu jenis ini, maka username dan password kalian akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsu tersebut, dan setelah temen-temen mengklick tombol masuk maka temen-temen tidak dipindahkan kemana2 alias tetap berada dihalaman tersebut,dan setelah itu terjadi maka kita baru sadar atau mungkin malah kita menggap situs facebook sedang error. Ada yang pernah mengalaminya?

b. Kelas menengah.
Kalau yang ini bagaimana? Hmmmmmmmmm, untuk formulir login jenis ini, apabila temen-temen memasukkan username dan password akun Facebook kalian di formulir login jenis ini, maka username dan password kalian akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsu tersebut, Lalu setelah menekan tombol masuk di-redirect(dipindahkan) secara otomatis ke halaman Facebook asli seakan2 anda salah memasukkan username atau password. Sehingga apabila anda memasukkan lagi username dan password, maka benar2 masuk ke akun Facebook anda. Wah, rapih nih kayaknya.

c. Kelas Tinggi.
Nah, ini kayaknya om hacker yang melakukan dah canggih ni. Ketika teman-teman memasukkan username dan password akun Facebook pada formulir login palsu facebook jenis ini, maka username dan password kalian akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsu tersebut, Lalu kalian di-redirect(dipindahkan) secara otomatis ke halaman Facebook asli “DALAM KONDISI LOGIN” atau anda memang benar2 masuk ke akun anda tanpa masalah. Wa, rapih banget ni.

Lalu bagaimana cara kita menghindari Phising? GAMPANG SAJA, BIASAKAN UNTUK MELIHAT ALAMAT DI-ADDRESS BAR BROWSER kalian SEBELUM LOGIN. PASTIKAN KALAU BENAR-BENAR HTTP://WWW.FACEBOOK.COM/ ATAU HTTP://LOGIN.FACEBOOK.COM/ DAN SEJENISNYA. INTINYA HARUS “[DOT]FACEBOOK[DOT]COM”. Jadi untuk hal ini dibutuhkan kehati-hatian dan ketelitian temen-temen semua tentunya. Tapi tenang, saat ini kebanyakan halaman situs fake login sudah diblok agar tidak bisa dibuka, tak peduli apakah tujuan dari halaman fake login tersebut benar2 untuk menipu atau hanya sekedar untuk pembelajaran saja. Dunia Hacking tak akan pernah berhenti untuk berkembang. Seberapa tangguhpun cara mengantisipasinya, para Hacker selalu bisa menemukan celah baru untuk menjebol keamanan sebuah sistem.

Hmmmm, semoga bisa menjadi pengetahuan bagi kita ya. Dengan kita mengetahui hal ini semoga kita tidak terjebak ke perangkap-perangkap orang usil. Lalu komentar kalian bagaimana?

Posting Komentar

Komentarnya dong?