Kanker Tulang

Secara umum, kanker tulang dibagi menjadi 2 jenis yaitu kanker tulang metastatik/sekunder dan kanker tulang primer. Kanker tulang metastatik/sekunder adalah kanker tulang yang disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari organ lain dan menyebar (metastatis) ke tulang, misalnya kanker paru-paru yang menyebar ke tulang dan menjadi kanker tulang.

Tipe-tipe kanker yang paling umum dan dapat menyebar ke tulang adalah kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat. Sedangkan kanker tulang primer adalah kanker tulang yang disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari tulang. Kasus kanker tulang primer lebih jarang terjadi dibandingkan kanker tulang metastatis/sekunder. Hingga kini, penyebab kanker tulang belum dapat diketahui secara pasti.

Gejala-gejala Kanker Tulang:
1. Rasa sakit/nyeri pada tulang.
2. Adanya suatu massa/benjolan pada tulang dan jaringan disekitarnya yang terkena kanker.
3. Demam, gigil, keringat waktu malam, dan kehilangan berat badan juga dapat terjadi, namun, kurang umum.

Walaupun belum diketahui penyebabnya, kita masih dapat melakukan beberapa langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit ini. Biasanya, kanker muncul karena adanya radikal bebas dan zat karsinogen dalam tubuh. Karena itu, pencegahan yang dapat dilakukan secara umum, adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti menjauhi rokok dan alkohol, menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan zat karsinogen, mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung antioksidan dan mineral penting lainnya, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur (terutama bagi yang memiliki faktor resiko yang tinggi untuk terkena kanker).

Obat Kanker Tulang

Saat ini, metode pengobatan kanker yang paling umum dijalani seorang penderita kanker adalah pengobatan kanker secara medis, biasanya meliputi pembedahan (operasi), radiasi (penyinaran), dan kemoterapi, atau kombinasi dari ketiganya. Tapi, ada juga penderita kanker yang memilih pengobatan kanker alternatif karena alasan finansial atau karena ingin menghindari efek samping dari radiasi atau kemoterapi.


Diambil dari:www.deherba.com

Posting Komentar

Komentarnya dong?