Datang Bulan

Hmmmmmm, Catatan aku kali ini tentang dunia wanita ni, bagi para kaum adam boleh deh mengabaikkannya. Tapi sebentar dulu! Ini juga bagus untuk kita jadikan pengetahuan kita lo. Ya, memang temen-temen yang cowok tidak pernah datang bulan tapi pasangan anda mengalaminya setiap bulannya bukan? Mungkin info ini bisa dijadikan hadiah untuk pasangan kawan-kawan semua sebagai tanda cinta. Ya nggak sih? ;)

Mengapa temen-temen para cewek, mbak-mbak, mbok-mbok, ibu-ibu, tante-tante, budhe, bu lek, dsb disaat sedang datang bulan kadang diikuti dengan rasa nyeri? Hmmmmmmm, ternyata rasa nyeri disaat haid itu bisa terjadi dikarenakan terjadinya kekacauan keseimbangaan antara hormon hesterogen dan protesteron. Nah, pada postingan kali ini aku ingin coba sedikit berbagi tentang masalah ini. ;) Kita mulai yuk? Berikut beberapa keluhan yang biasanya dirasakan berikut ramuan alaminya:
1. Sindrom pramenstruasi (PMS)
PMS merupakan kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) dan haid. Sindrom itu akan menghilang pada saat menstruasi dimulai sampai beberapa hari setelah selesai haid. Gangguan yang muncul biasanya berupa pusing, depresi, dan perasaan sensitif berlebihan sekitar dua minggu sebelum haid. Bahan herbal yang bisa Anda makan:

a. Chasteberry. Tanaman herbal ini dapat membantu mengontrol ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan iritabilitas. Chasteberry kini banyak tersedia dalam berbagai kemasan produk suplemen kesehatan.

b. Kacang kedelai. Coba rebus segenggam kacang kedelai dalam air yang telah diberi garam selama 5 menit, dinginkan, saring, dan makan kacangnya. Kedelai kaya akan phytoestrogen, zat alami yang keseimbangan hormon.

c. Evening Primrose Oil (EPO). EPO adalah jenis tanaman herbal yang kaya akan asam lemak essensial GLA (gamma linolenic acid), LA (linolenic acid) & ALA (alpha linolenic acid) yaitu asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh akan tetapi tidak dapat diproduksi oleh tubuh itu sendiri. Asam lemak essensial tersebut berasal dari minyak bunga evening primrose dan mampu mengurangi rasa nyeri PMS terutama nyeri pada payudara.

d. Magnesium. Magnesium mampu mengatasi rasa kembung saat pramenstruasi, nyeri payudara, dan memperbaiki suasana hati hingga 90 persen. Zat mineral ini menenangkan saraf, melemaskan otot-otot, dan membantu sel berfungsi secara optimal, bahkan saat kadar hormon kita berfluktuasi. Minumlah suplemen magnesium dengan dosis harian 200 mg – 400 mg (setengah di pagi hari, setengah pada malam hari) selama dua minggu sebelum menstruasi.

e. Kalsium. Suplemen kalsium sebanyak 1.200 mg per hari mampu mengurangi gejala PMS

f.
2. Kram perut.
Untuk keluhan yang ini temen-temen semua bisa menggunakan obat alami sebagai berikut:
a. Minyak ikan: Minum 6 gram minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Zat tersebut memiliki efek antiinflamasi atau peradangan.

b. Teh kamomil: Minumlah teh kamomil untuk membuat tubuh terasa lebih rileks dan tenang. Sehingga, nyeri bulanan Anda akan berkurang

3. Bercak di antara masa haid.
Ow! Untuk keluhan yang satu ini temen-temen bisa mengatasinya dengan perbanyak mengonsumsi produk kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan produk kedelai lainnya disaat anda mengalami datang bulan. Wah, obat yang enak!

Nah, gimana temen-temen cewek semua? ;) Nggak salahnya temen-temen mencobanya, daripada mencoba berbagai macam obat kimia yang efek sampingnya mengerikan itu, mendingan nyoba ini kan? Tapi maaf, Saya sebagai penyusun tulisan ini belum pernah mencobanya, karena eh karena saya tidak pernah haids/datang bulan. Jangan kecewa yaaaaa? ;)

Mantaaaappp! Selamat mencoba dan artikel ini bersumber dari:www.mediaindonesia.com

Posting Komentar

Komentarnya dong?