SARS

Hay,, salam jumpa lagi di blogku yang masih tetep acak-acakan ini kawan. Hmmmmmm, sepertinya sudah berjalan 3 bulanan ya aku punya blog ini terhitung dari awalaku membuat blog ini,, tapi ternyata masih saja belum ada perkembangan yangmenggembirakan. Ha? Menggembirakan? Hehehehe kayak apa aja ya? Pada kesempatan posting kali ini aku mau coba berbagi tentang penyakit Sars. Pokoknya seperti biasa sajalah, mari kita belajar bersama biar nggak bosen. ;) Ok, kita mulai saja ya? Atau kita ngobrol-ngobrol dulu? Hahhhh, nggak usah ngobrol kepanjangan lah,takutnya malah bergosip ria malah repot kan? Baiklah dan sudahlah kita mulai belajar bersama pada kesempatan kali ini.

Sebenarnya apa sih Sars itu? SARS itu singkatan dari Severe Acute Respiratory Syndrome atau Corona Virus Pneumonia (CVP), suspek (suspect case) terjadi pada seseorang setelah 1 Februari 2003 lalu, menderita sakit ganguan pernapasan, yaitu batuk, napas pendek dan kesulitan bernafas. Wabah penyakit gangguan pernapasan misterius ini terus melanda kawasan Asia dan terus meminta korban. Seorang pasien di Hongkong menjadi korban tewas keenam di wilayah administratif Cina akibat penyakit yang oleh WHO diidentifikasi sebagai Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Korbannya adalah adik ipar seorang dokter berusia 64 tahun yang meninggal sebelum akibat SARS. Dokter itu telah menulari sedikitnya tujuh orang yang berada di lantai sembilan hotel Metropole, di distrik Kowloon antara 15 sampai 27 Februari. Seluruh bagian lantai gedung itu kini ditutup.

Apa penyebab penyakit yang mematikan ini? Penyebabnya adalah strain virus baru Coronavirus, keluarga virus yang bersifat menular yang biasanya menyerang saluran pernafasan atas dan menyebabkan common cold. Peneliti di Hongkong mengusulkan nama baru untuk penyakit yang mematikan itu Coronavirus pneumonia atau disingkat CVP. Hingga kini belum diketahui darimana virus tersebut berasal akan tetapi kemungkinan merupakan mutasi virus yang sebelumnya terdapat pada binatang. Pada beberapa kasus, peneliti menemukan paramyxorvirus akan tetapi kemudian peneliti berkesimpulan bahwa paramyxovirus hanya berperan sekunder dan mungkin merupakan infeksi oportunistik.

Kapan dan dimana penyakit ini pertama kali dilaporkan? Pertama kali dilaporkan dari provinsi Guangdong, Republik Rakyat Cina. Seorang dokter Cina yang terjangkit penyakit SARS berkunjung ke Hongkong dan menginap di lantai 9 Hotel Metropole, Hongkong pada bulan Februari. Mereka kemudian menularkan ke Vietnam, Kanada, Singapura dan kepada orang-orang di Hongkong. Di daratan Cina, wabah SARS ini telah terjadi pada bulan November tahun lalu. Kasus yang telah tercatat sampai 3 April 2003 lalu, ada 2223 kasus, 78 meninggal dan tersebar di 18 negara yaitu Canada 58, China 1190, Hongkong ada 708 kasus, Taiwan 13 kasus, France 1 kasus, Germany 5 kasus, Italy 3 kasus, Republik Ireland 2 kasus, Romania 3 kasus, Singapore 95 kasus, Switzerland 2 kasus, Thailand 7 kasus, United Kingdom 3 kasus, United States 72 kasus, Vietnam 58 kasus, Australia 1 kasus, Belgium 1 kasus, Canada dan Italy 3 ada kasus.

Hmmmmm, sangat singkat dan belum lengkap sepertinya ya, tapi nggak apalah, ini sudah bisa menambah pengetahuan kita, terutama aku sendiri. Dan semoga pada kesempatan postingan yang selanjutnya aku bisa melengkapinya. Dan aku sangat mengucapkan terimakasih buat www.resep.web.id

Posting Komentar

Komentarnya dong?